03 Des 2018

Trik Meningkatkan Penjualan Toko Online Dengan Referral Marketing

Sudah mengeluarkan banyak biaya untuk memasang iklan, tapi online store masih saja sepi pelanggan? Sudahkah mencoba menggunakan referral marketing? Sudah banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa referral marketing merupakan salah satu teknik pemasaran terbaik. Singkat kata, referral marketing, atau yang juga dikenal dengan istilah word-of-mouth marketing ini adalah pembelian suatu produk atau layanan yang dilakukan seseorang berdasarkan opini atau arahan dari influencer atau orang-orang terdekat mereka. Apa yang membuat teknik marketing ini begitu berpengaruh?

Penargetan Yang Lebih Tepat Sasaran
Teknik word-of-mouth marketing cenderung lebih tepat sasaran. Contoh, Pelanggan A baru saja menerima tas yang dipesannya dari suatu online shop. Karena puas dengan kualitas tas dan pelayanan yang baik, maka pelanggan A akan ‘menceritakan’ hal ini pada teman-temannya, Pelanggan B dan C, yang ia tahu persis, juga suka berbelanja online. Tidak menutup kemungkinan, Pelanggan B dan C akan menyebarkan kembali informasi ini pada teman lainnya. Hal ini menjadikan pesan yang ingin Anda sampaikan bisa menyebar luas dengan lebih baik dan efektif bila dibandingkan dengan jenis pemasaran lainnya yang kurang tertarget.

Faktor Kepercayaan Yang Kuat
Untuk meyakinkan seseorang membeli produk Anda, dibutuhkan kepercayaan. ‘Jika kita tidak mempercayai A, maka kita tidak akan mendengarkannya’, kan? Katakanlah, Anda menemui salesperson untuk mencari informasi mobil yang Anda inginkan, tapi Anda merasa ragu karena penjelasan salesperson tadi kurang meyakinkan. Akankah Anda tetap membeli mobil darinya? Berbeda jika ada seorang teman atau kerabat yang memberi saran (rekomendasi) pada Anda mengenai mobil yang Anda ingin. Sebuah data pada Neilson Trust Study menyatakan, 84% pembelian dilakukan dengan rekomendasi dari orang yang dikenal (referrals). Referrals bukan cuma keluarga atau teman, tapi juga bisa berupa berita, review produk oleh pelanggan, testimoni atau influencer (seperti Bloggers atau Socmed influencer).

10 Pembaca