14 Jul 2018

Tips meningkatkan penjualan dengan Pemasaran Digital

Tidak sedikit yang beranggapan digital marketing atau pemasaran online bukanlah sesuatu yang besar dan berpengaruh. Berdasarkan fakta dari tahun 2014, jumlah iklan digital yang dipasang di internet sudah mengalahkan iklan di televisi dan jaringan televisi kabel maupun media cetak.

Iklan dengan metode tradisional kini tak lagi  ‘berkuasa’  dalam meningkatkan pemasaran. Mengingat digital multi-channel terus meningkat sebanyak 137% ditambah dukungan kenaikan 500% brand oleh karena itu pada saat ini sangat penting menggunakan strategi pemasaran digital. Kenaikan ini tentu saja didorong oleh kebiasaan para konsumen yang menginginkan kemudahan dan kecepatan dalam memenuhi kebutuhannya.

Berdasarkan data sebanyak 72% konsumen sudah terhubung dengan brand pilihan mereka melalui beragam chanel pemasaran digital yang ada. Meskipun mayoritas konsumen dan pemilik usaha memilih rute pemasaran digital, masih ada usaha kecil yang tidak mengikuti tren ini. Pelan namun pasti usaha yang tidak siap mengikuti tren digital saat ini akan berpotensi kalah dalam persaingan bisnis.

Perlu diketahui sistem pemasaran digital tak serumit seperti yang dibayangkan. Pemasaran digital telah banyak memberikan manfaat besar bagi para pengusaha maupun konsumen. Berikut  tips meningkatkan penjualan dalam bisnis yang dijalankan dengan metode pemasaran digital.

  1. Dekatkan produk anda pada konsumen
    Saat ini konsumen sudah tak lagi mencari informasi mengenai suatu produk barang atau jasa melalui halaman iklan baris. Saat ini, setidaknya 80% konsumen menggunakan internet untuk memperoleh informasi mengenai produk barang atau jasa dengan lebih mudah dan nyaman. Dengan banyaknya alat dan channel yang tersedia dalam pemasaran digital, pemilik usaha dapat mencapai target konsumen mereka yang rata-rata menghabiskan waktu mereka mencari informasi melalui internet.
     
  2. Menjangkau pengguna mobile (smartphone)
    Pemasaran digital membawa Anda memasuki area pasar raksasa, dimana kegiatan pemasaran digital melalui perangkat mobile menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik organik.Menurut eMarketer, teknologi mobile juga mempengaruhi perilaku pembelian konsumen tersebut. Data menunjukkan bahwa 91% orang dewasa di Amerika Serikat selalu menggunakan perangkat mobile mereka setiap saat.
     
  3. Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time
    Pemasaran digital menawarkan Anda adanya mekanisme respon konsumen atau pelanggan real-time, yang akan memberikan dampak besar pada keberhasilan usaha Anda menurut laporan dari eMarketer. Keuntungan dari chanel pelayanan yang disediakan oleh pemasaran digital diantaranya adalah menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.
     
  4. Mempersiapkan Anda untuk Era Internet of Things
    Gartner melaporkan bahwa pada tahun 2020 diperkirakan adanya 26 miliar gadget, smartphone, tablet, jam tangan, kacamata, sepatu dan peralatan lainnya yang akan saling terhubung dalam ekosistem online secara global yang akan membentuk era Internet of Things.

 

46 Pembaca