01 Des 2018

Mentargetkan Konsumen Secara Tepat Merupakan Cara Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan

Semakin berkembangnya platform teknologi online dalam dunia bisnis, segala jenis kegiatan pemasaran dan promosi produk pun kini beralih pada platform teknologi online. Selain mudah digunakan dan memiliki jangkauan yang luas, kegiatan pemasaran lewat teknologi online tersebut diyakini mampu meraih jumlah target konsumen yang signifikan.

Menentukan target pasar dengan benar agar produk yang telah dihasilkan dapat menjaring konsumen yang potensial memang butuh teknik tersendiri. Akan terasa susah jika tidak mencoba, tetapi akan terasa mudah jika mencoba untuk mengembangkan analisa tersendiri. Cara mudah ini akan membantu pelaku UKM untuk menentukan target pasar yang sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan.

  1. Tentukan kelompok pembeli
    Dalam proses segmentasi pasar, ada baiknya mulai menentukan pengelompokan level konsumen yang relevan dan sesuai dengan produk yang dihasilkan. Hal ini bertujuan agar bentuk promosi yang di lakukan tepat dan sesuai dengan setiap segmen yang ada.
     
  2. Cermati tren yang sedang berkembang
    Mengikuti tren pasar yang sedang berkembang merupakan hal yang wajar bagi sebagian besar pelaku bisnis UKM. Melakukan sedikit modifikasi pada produk yang dihasilkan tanpa mengubah bentuk dan esensinya bisa juga menjadi strategi untuk merebut perhatian konsumen. Modifikasi yang dilakukan bisa seputar penggunaan kemasan yang menarik dan pemberian bonus atau diskon kepada konsumen.
     
  3. Pelajari teknik promosi media social
    Media sosial merupakan tempat favorit bagi para pelaku bisnis UKM untuk memasarkan sekaligus mempromosikan produk yang dihasilkan. Tentu setiap media sosial mempunya ciri dan teknik tersendiri jika digunakan sebagai tempat berjualan. Dengan mempelajari teknik yang ada pada setiap media sosial yang digunakan, tentu dapat meningkatkan fungsi dari platform tersebut untuk meraih banyak pengunjung.
     
  4. Kenali sifat - sifat konsumen
    Jika produk yang dihasilkan merupakan jenis produk kuliner, ada baiknya jika melihat tingkah laku dan respon konsumen pada produk yang di yang ditawarkan kepada mereka. Melihat Bagaimana responnya mereka dan tingkat antusiasme pada produk tersebut. Hal ini sebagai indikator bahwa konsumen tersebut benar - benar membutuhkan dan memperoleh manfaat dari produk yang ditawarkan.
38 Pembaca