01 Des 2018

Kunci Sukses Menjadikan Konten Marketing Sebagai Cara Meningkatan Penjualan Dari Website Perusahaan

Di era sekarang, pelanggan ingin diperlakukan sejajar sebagai teman. Dalam konteks inilah, content marketing mendapatkan tempat. Apa itu content marketing? Seperti ditulis dalam artikel sebelumnya berjudul “Menimbang Kekuatan Storytelling dalam Content Marketing”, Content marketing dimengerti pendekatan pemasaran yang melibatkan proses penciptaan, kurasi, pendistribusian, sekaligus penguatan konten yang menarik, relevan, dan berguna untuk segmen audiens tertentu. Tujuannya tak lain membangun percakapan seputar konten tersebut. Berikut trik untuk membuat konten yang menarik :

  1. Publikasikan hanya konten bagus
    Kedengarannya seperti biasa saja, tapi tidak semua orang memahami bahwa konten tidak harus sesuatu yang dirilis semua secara bersamaan atau di-outsourcing kepada perusahaan dengan harga murah. Konten seharga $5 yang dibeli dari Fiverr tidak akan menguntungkan bagi kampanye pemasaran konten. Jika pun ada hanya akan membuat pengunjung yang datang berpaling dari kita. Tidak semua orang bisa duduk sepanjang hari dan memaksakan konten yang kita miliki, untuk itu masuk akal jika kita menghadirkan seseorang yang ahli dalam forum guna menciptakan konten yang membuat orang betah berlama-lama di situs kita.

     
  2. Menulis untuk target pasar Anda
    Pertahankan agar semua bagian konten difokuskan pada target pasar Anda. Ketika konten mulai diperluas untuk suatu subjek sehingga mulai sedikit bergeser atau malah sepenuhnya keluar dari topik, dapat menyebabkan pembaca Anda menjadi kehilangan minat dan mulai melirik tempat lain yang benar-benar fokus dengan subjek mereka.

     
  3. Buat konten yang bermanfaat
    Tujuan dari konten tidak hanya untuk menghiasi halaman dan blog, tetapi untuk menawarkan informasi yang bermanfaat yang membawa orang untuk berinteraksi dengan perusahaan yang memproduksi konten. Fokuslah pada kualitas informasi yang disajikan dan manfaat yang ditawarkan kepada pembaca ketimbang berfokus pada konten yang panjang atau keyword  maupun pertimbangan SEO lainnya. Pemasaran search engine yang profesional harus lebih memperhatikan dampak konten bagi pembaca. Orang-orang yang terlibat dengan konten adalah orang-orang (bukan search engine) yang membuka dompet dan tas mereka.

     
  4. Keep It Simple
    Adalah penting bahwa konten menyampaikan pesan Anda mudah untuk dipahami dengan format yang mudah diserap dan dipelajari audiens. Ini bukan kontes untuk melihat siapa yang dapat menggunakan kata-kata paling mencolok atau menggali sinonim yang paling kreatif.

     
  5. Gunakan analisis
    Dengan menggunakan perangkat lunak analisis dapat membantu pemasaran konten Anda dan membantu menentukan apakah konten berhasil atau tidak. Pertimbangkan jumlah waktu pembaca yang terikat dengan konten dan cari tahu apa yang terjadi sesudahnya. Apakah mereka segera meninggalkan situs? Apakah mereka berubah menjadi lead atau sale? Menggunakan data analisis dapat membantu menentukan topik apa yang direspon lebih baik untuk pembaca, yang memungkinkan Anda sesuaikan untuk kampanye.

     
  6. Mudah di-sharing
    Salah satu manfaat dari konten pemasaran yang berkualitas adalah sharing (berbagi) di media sosial yang berpotensi dapat diterima oleh masyarakat yang lebih luas. Budaya kita saat ini adalah kecanduan media sosial dan berbagi informasi yang dianggap bermanfaat dan informatif. Jika pembaca merasa bahwa apa yang mereka baca berguna, mereka akan berbagi, jadi pastikan bahwa konten Anda memiliki opsi untuk “share” sudah tersedia dan mudah diakses.
37 Pembaca