02 Okt 2018

Framework PHP laravel idola baru dalam pembuatan website mvc

Laravel merupakan framework PHP yang dirilis dibawah lisensi MIT, dibangun dengan konsep MVC (model view controller). Laravel berasal dari pembuatan website berbasis MVC yang ditulis dalam PHP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, dan untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu. 

Baca Juga : Manfaat memiliki website untuk usaha anda

Sebelumnya kalian pasti bertanya-tanya apa sih MVC itu?

MVC (Model View Controller) adalah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. MVC memisahkan aplikasi berdasarkan komponen- komponen aplikasi, seperti : manipulasi data, controller, dan user interface.

Model, Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain.

View, View adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa dikatakan berupa halaman web.

Controller, Controller merupakan bagian yang menghubungkan model dengan view.

Baca Juga : Bagaimana cara membuat website ecommerce 

Meskipun dalam pembuatan website laravel bukan satu-satunya framework PHP yang banyak digunakan dalam pembuatan website, akan tetapi bisa menjadi opsi yang dapat dipertimbangkan. Berikut beberapa alasan mengapa pembuatan website harus menggunakan framework Laravel:

  1. Mudah & Dokumentasi Lengkap
  2. Open Source
  3. Arsitektur MVC
  4. Blade Template
  5. Memiliki Fitur Migration
  6. Keamanan
  7. Komunitas Yang Besar
96 Pembaca